Spesies Baru Ikan Pari Macan Ditemukan di Indonesia

Ikan Pari Macan -Spesies Ikan pari manta (Manta birostris) adalah salah satu spesies ikan pari terbesar di dunia. Lebar tubuhnya dari ujung sirip dada ke ujung sirip lainnya mencapai hampir 7 meter (kemungkinan lebih karena ada laporan yang mengatakan bahwa ada manta yang lebar tubuhnya mencapai 9,1 meter). Bobot terberat manta sendiri yang pernah diukur mencapai 3 ton.

Ikan Pari Macan

Indonesia menemukan spesies baru ikan pari  macan, Peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) berhasil mengidentifikasi spesies baru ikan pari macan di perairan Indonesia. Selama ini sudah ada tiga spesies ikan pari macan yang dikenali. Ikan pari sulit dibedakan secara kasat mata karena fisiknya yang mirip. Melalui metode pemetaan molekul deoxyribonucleic acid (DNA), peneliti memastikan ada ikan pari macan keempat.
Tiga macam ikan pari macan yang sudah dikenali adalah Himantura leoparda, Himantura uarnak, dan Himantura undulata. Adapun spesies baru ikan pari macan itu dinamai Himantura tutul atau ikan pari tutul kecil. Mirip dengan tiga kerabatnya, punggung ikan pari H. tutul dipenuhi corak mirip dengan pola kulit macan tutul.
Irma Shita Alyza, peneliti bioteknologi kelautan dan genetika molekuler dari Pusat Penelitian Oseanografi LIPI, mengatakan jenis pari tutul kecil jelas dapat dipisahkan dari tiga kerabat terdekatnya yang banyak dijumpai di perairan tropis Indo-Pasifik Barat. Pola pada kulit punggung pari tutul kecil berbentuk segi empat dengan ukuran yang lebih kecil. “Posisi corak totolnya juga tidak beraturan,” kata Irma seusai pemaparan hasil temuan di gedung LIPI, Jakarta, Kamis, 3 April 2014.
Adapun kulit punggung pada tiga spesies pari macan umumnya berbentuk segi enam atau delapan yang posisinya teratur. “Mirip seperti pola pada sarang lebah,” ujar Irma. (Baca juga: Tak Hanya Hiu, Ikan Pari pun Terancam Punah).
Penelitian termasuk pemeriksaan habitat pari tutul berlangsung sejak 2006. Irma menggunakan analisis pemetaan DNA untuk memastikan pari tutul kecil merupakan spesies baru. Ada dua gen yang diambil sebagai penanda genetik ikan tersebut. Penelitian itu berlangsung di Indonesia dan Prancis. “Alat untuk memeriksa berapa persen hubungan gen milik induk dengan keturunannya ada di sana,” kata Irma.
Pari tutul kecil ditemukan di empat lokasi berbeda, yaitu di Laut Jawa, perairan utara Bali, perairan selatan Jawa, dan Selat Sunda. “Saat ini sedang ada penelitian untuk mengetahui apakah ada persebaran pari tutul kecil di luar empat lokasi itu,” kata Irma. Hasil penelitian yang dikerjakan bersama Prancis tersebut sudah dimuat dalam jurnal Comptes Rendus Biologies pada Juli 2013.
Pari tutul kecil bisa tumbuh dengan lebar mencapai 1,5 meter. Ikan ini baru bisa menghasilkan anak pada usia 5-10 tahun dengan jumlah yang sedikit. Meski belum masuk status hewan terancam, keberadaan pari tutul kecil bisa terdesak oleh penangkapan yang berlebihan. “Masih bisa dimanfaatkan tapi dengan pengawasan ketat,” kata Irma.

dikutip dari harian tempo.co

2 Responses to "Spesies Baru Ikan Pari Macan Ditemukan di Indonesia"

  1. Kami tantang para semua yang suka bermain judi online
    dengan kemungkinan menang sangat besar.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
    PIN BB : D61E3506
    Whatsapp : +85598249684
    L ine : Sinidomino
    poker online

    BalasHapus
  2. Yuk join bersama poker899,vip dapatkan promo yang menarik di poker899, penasaran apa aja promosinya? buruan bergabung langsung bersama poker899 ^_^

    LIVE CHAT : www,poker899,vip
    WHATSAPP : +855884660017
    LINE : POKER899

    #POKER899 #POKER899VIP

    BalasHapus