Gajah Sumatra (Elephas maximus sumatranus)

Gajah Sumatra (Elephas maximus sumatranus) - Gajah hidup pada lingkungan yang bervariasi di hutan tropika dataran rendah, pegunungan, padang rumput. Gajah Tersebar di Pulau Sumatera (Indonesia). Gajah merupakan salah satu satwa langka yang dilindungi Undang-Undang dan keberadaannya di bumi semakin berkurang sebagai akibat semakin menyempitnya habitat alaminya serta karena berbagai gangguan terhadap satwa ini seperti perburuan dan pembantaian akibat konflik dengan manusia. Salah satu tempat di indonesia yang terkenal dengan gajah yang besar dan masih banyak populasinnya bisa kita temu di Way Kambas Lampung Sumatra. Taman Nasional Way Kambas adalah taman nasional perlindungan gajah yang terletak di daerah Lampung tepatnya di kecamatan labuhan ratu lampung timur, Indonesia. Selain di Way Kambas, sekolah gajah (Pusat Latihan Gajah) juga bisa ditemui di Minas, Riau. Gajah sumatera (Elephas maximus sumatranus) yang hidup di kawasan ini semakin berkurang jumlahnya.
Gajah Sumatera (Elephas maximus sumatranus) merupakan spesies dari kelas mamalia  yang berukuran besar, berat tubuhnya dapat mencapai 4-6 Ton. Gajah memiliki belalai panjang, yang merupakan modifikasi dari bibir bagian atas dan hidung, telinga yang besar, melebar. Gajah jantan memiliki sepasang gading yang memanjang ke depan, sedangkan gajah betina pada umumnya tidak memiliki gading, jika memiliki kemungkinan ukurannya sangat pendek. Kulitnya tidak banyak ditumbuhi oleh rambut-rambut, hanya dibagian tertentu seperti di bagian atas kepala, kuduk dan ujung ekor. Warna kulit abu-abu sampai hitam.
Secara morfologi gajah merupakan hewan yang bertubuh besar dan pintar. Diketahui ada 2 benua yang memiliki jenis satwa ini; yaitu Asia dan Afrika. Untuk gajah Asia tersebar di Negara-negara : Indonesia, India, Thailand, Myanmar, Malaisia dan Srilangka.
Beruntunglah Pulau Sumatera yang merupakan plau satu-satunya di Indonesia yang menjadi habitat alami gajah (gajah sumatera). Gajah Asia ada 4 subspesies.
Perbedaan fisik untuk membedakan gajah satu dengan lainnya , dan gajah sumatera merupakan gajah yang paling kecil dari jenis lainnya.
Gading pada gajah merupakan modifikasi gigi seri yang terletak pada rahang atas. Gading tersebut tumbuh dari bagian depan tengkorak. Gajah bisa melahirkan 1-2 anak dan berat lahirnya antara 40 – 80 kg dengan tinggi badan 75 – 100 cm. umur sapih gajah sekitar 18 bulan. Masa mengandung gajah berkisar antara 17 – 24 bulan dengan rata-rata 22 bulan. Jarak kehamilan satu dengan berikutnya (calving interval) : 4 – 4,5 tahun.
Masa atau periode yang unik pada gajah dan tidak terjadi pada hewan lain. Periode ini disebut Musth. Musth muncul ketika gajah jantan memproduksi testosterone yang banyak. Musth tergantung pada usia dan bisa berhubungan dengan tingkat social, dimana gajah jantan yang dominant terlihat mempunyai musth dengan tingkat yang lebih tinggi disbanding gajah lain. Musth dapat terjadi pada gajah jantan sehat pada usia 15 tahun, namun bisa juga terjadi lebih cepat atau lebih lambat dari itu.  Tanda-tanda pada musth adalanya perubahan perilaku, mout, nafsu makan berkurang, urin terus menetes, penis sering keluar, kelenjar temporal pada dahi membesar dan mengeluarkan cairan berwarna coklat gelap dengan bau yang menyengat dan tajam, gerakan lebih agresif dan cepat, mengendus-endus dengan belalainya. Gajah jantan yang sedang musth harus dapat menangan dan pengawasan khusus agar tidak membahayakan baik bagi sesama gajah yang lain maupun terhadap manusia.


Perilaku Gajah

Gajah hidup berkelompok yang dipimpin oleh gajah betina paling tua, jumlah kelompok 10-30 ekor. Hidup berpindah, migrasi dari tempat satu ke tempat lainnya untuk melakukan kegiatan mencari sumber pakan dan kawin. Gajah merupakan jenis mamalia besar yang mudah beradaptasi dengan kehidupan manusia sehingga dapat kita jumpai gajah sebagai pekerja di penebangan perkebunan.

Habitat Gajah

Gajah betina akan kawin pada umur 9 tahun atau lebih, lama bunting (gestasi) 18-22 bulan dan akan melahirkan anak yang mempunayi berat 100 kg atau lebih. Jarak antara kelahiran anak gajah pada induk yang sama yakni sekitar 4 tahun.

Makanan Gajah

Di habitat aslinya gajah memakan berbagai jenis bagian dari pohon seperti kulit, ranting, daun, bunga dan buah, juga tanaman perdu dan rumput. Karena daya ingatnya yang tinggi, gajah mampu mengenali tumbuhan pakannya yang secara alami juga digunakan sebagai obat.

Di kutip dari kebun binatang yogya dan taman nasional way kambas

1 Response to "Gajah Sumatra (Elephas maximus sumatranus)"

  1. Yuk join bersama poker899,vip dapatkan promo yang menarik di poker899, penasaran apa aja promosinya? buruan bergabung langsung bersama poker899 ^_^

    LIVE CHAT : www,poker899,vip
    WHATSAPP : +855884660017
    LINE : POKER899

    #POKER899 #POKER899VIP

    BalasHapus