Dua Singa dan Satu Harimau Mati diracun di Taman Rimba Jambi

Harimau dan Macan Mati diracun – Dikutip dari koran Jambi (Lampost.com dan tempo.co): Seekor Harimau Sumatera (Panthera Tigris Sumatrae) dan dua ekor Singa Afrika (Panthera Leo), penghuni Kebun Binatang Taman Rimbo Jambi, mati diracun. Konsultan Kebun Binatang Taman Rimba Jambi, Wisnu Wardana, mengatakan kematian dua ekor singa Afrika dan seekor harimau Sumatera di kebun binatang itu positif karena racun.


Kematian hewan tersebut positif diracun,” katanya, saat dihubungi di Jambi, Senin (26-8).  Menurut dia, kejadiannya telah berlangsung sejak minggu lalu. Namun hasil penelitian laboratorium baru diketahui baru-baru ini.

“Sampel organ hewan tersebut dibawa ke laboratorium di Bukittinggi, Sumatra Barat, dan dinyatakan terkena racun jenis “triegmin”,” kata Wisnu.

Untuk memperkuat bukti penelitian di laboratorium Bukittinggi, hasilnya dikonfirmasi ke Bogor untuk dianalisa lebih lanjut, dan kesimpulan berakhir pada kondisi di racun, lanjut Wisnu. Tapi kata dia, untuk keterangan lebih lanjut dan mendetil, hari ini Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jambi akan mengadakan jumpa pers dan gelar perkara terkait penyebab dan kronologis kematian tiga ekor satwa dilindungi tersebut. “Hari ini BKSDA Jambi akan gelar perkara dan jumpa pers di Jambi. Di sana akan dirinci lebih mendetil tentang kematian satwa tersebut,” katanya. Mantan Kepala BKSDA Jambi, Trisiswo Rahardjo, yang dikonfirmasi mengaku kaget dengan peristiwa tersebut dan menyayangkan atas kematian tiga ekor satwa itu. “Saya tidak dapat berkata lebih banyak, sebab bukan kapasitas saya lagi, saya sudah pindah dari Jambi sejak Juni lalu. Tapi bagaimanapun saya menyayangkan sekali kejadian itu,” katanya Menurut dia, hewan-hewan tersebut didatangkan pada saat dia masih bertugas di Jambi sebagai Kepala BKSDA, dan mengetahui proses pemindahannya. “Saya tahu proses pemindahannya, makanya saya sangat menyayangkan kejadian tersebut. Tapi untuk analisa atau sebagainya terhadap kejadian itu, saya tidak akan berkomentar, karena sidah bukan wilayah saya lagi,” ujarnya. Dua ekor singa Afrika yang bernama Sirosi dan Sonia, serta seekor harimau Sumatera bernama Piter, mati di kandangnya di Kebun Binatang Taman Rimba Jambi, dan seekor harimau lagi bernama Uni saat ini dalam kondisi kritis. “Kejadiannya sudah sejak minggu lalu,” kata Konsultan Kebun Binatang Jambi, Wisnu Wardana. (ANT/L3)

0 Response to "Dua Singa dan Satu Harimau Mati diracun di Taman Rimba Jambi"

Posting Komentar