Bunglon Paling Kecil di Dunia

Bunglon Paling Kecil di Dunia – Taukah anda dengan hewan yang satu ini, jenis hewan yang satu ini juga banyak terdapat di indonesia namun ukuran yang lebih besar yang ada di indonesia. di kutip dari satwaunik.com tentang bunglon yang ditemukan oleh tim peneliti dari San Diego State University di Amerika Serikat yang menemukan bunglon terkecil di dunia yang panjangnya cuma sekitar tiga sentimeter. Kalau bunglon mini ini diletakkan di tangan manusia, bunglon yang termasuk dalam spesies Brookesia Micra ini hanya terlihat sepanjang kuku jari.

Mengenal Bunglon

Bunglon adalah sejenis kadal kecil yang biasa hidup di pohon. Bunglon adalah hewan yang eksotis dari kelas reptil (kadal). Tampilannya mirip hewan purba. Bentuk rupanya sangat mirip dengan kerabatnya yaitu kadal iguana. Bunglon juga salah satu reptil yang paling terkenal terutama di daerah penduduk asli benua Afrika dan Madagaskar, ditemukan di beberapa tempat lainnya di Eropa dan Asia. Ada lebih dari 120 spesies yang termasuk dalam keluarga bunglon. Yang paling umum bunglon (Chamaeleo) ditemukan di wilayah Mediterania.
Berbicara Bunglon sebagai orang awam tahunya hanya sebagai kadal yang pandai merubah warna kulit dan pemanjat handal, padahal Bunglon meliputi beberapa marga, seperti Bronchocela, Calotes, Gonocephalus, Pseudocalotes, Aphaniotis dan juga saudara dekatnya yakni cicak terbang (Draco) serta Soa-Soa (Hydrosaurus).

Penelitian Bunglon Terkecil

Bunglon ini ditemukan sekitar akhir Januari 2012 di pulau kecil di lepas pantai Madagaskar. Hasil penemuan bunglon ini baru dipublikasikan pada Selasa (14/2) di situs khusus berita untuk sains, PLoS ONE. Bunglon ini dianggap sebagai salah satu reptil terkecil di dunia, tergabung bersama cicak kerdil, Jaragua Sphaero yang didaulat sebagai reptil terkecil dengan panjang hanya 1,6 sentimeter.
Mengingat ukuran tubuhnya yang sangat mini, memang ngga mudah menemukan bunglon Brookesia Micra ini. Tapi para peneliti beruntung karena aktivitas Brookesia Micra yang hanya berlangsung di siang hari. Sedangkan di waktu malam, bunglon ini hanya diam di satu tempat. Brookesia Micra tidur semalaman dan para ilmuan bisa mengambil bunglon bunglon ini dengan mudah, seperti memetik stroberi. Brookesia micra sama sekali tidak bergerak semalaman kata pemimpin tim peneliti Frank Glaw.
Ditambahkan oleh ahli genetika Ted Townsend, ukuran bunglon mungil ini mengindikasikan bahwa bunglon tersebut sudah berevolusi di Madagaskar karena brookesia micra tidak seperti bunglon yang kita kenal sekarang ini, yang jauh lebih besar dan berwarna.Tapi sayangnya habitat bunglon ini hanya bisa ditemukan di Madagascar dan bunglon bunglon mini bin imut ini sulit hidup di tempat lain. Hanya ada empat spesies Brookesia yang semuanya hidup di lokasi terbatas. Bahkan setengah dari genus ini hanya hidup di satu lokasi saja, seperti contohnya adalah Brookesia Micra yang hanya ditemukan di pulau Nosy Hara, Madagaskar. Evolusi tubuh kecil bunglon Brookesia micra ini diperkirakan terjadi karena sumber daya yang terbatas dan tekanan agar bereproduksi lebih cepat.
Berita yang dikutip dari satwa unik dot com tentang beberapa satwa unik yang ada di dunia.

1 Response to "Bunglon Paling Kecil di Dunia"

  1. Yuk join bersama poker899,vip dapatkan promo yang menarik di poker899, penasaran apa aja promosinya? buruan bergabung langsung bersama poker899 ^_^

    LIVE CHAT : www,poker899,vip
    WHATSAPP : +855884660017
    LINE : POKER899

    #POKER899 #POKER899VIP

    BalasHapus